Wednesday, February 12, 2014

Sambal Lado

well mungkin kalau baca judul ni blog lu yang ngunjungi ni blog (semoga ada) bakal mikir ni blog jangan-jangan blognya rumah makan padang, tapi maaf ini bukan rumah makan padang sambal lado dengan menu rendang dan dendeng batokok yang itu, ini blog gue, cerita gue mencari setiap warna dalam hidup yang abu-abu kadang burem sampe nggak jelas warnanya jadi butek kayak air di rendam kolor kotor.

hhmm pertama mungkin gue akan memperkenalkan diri dulu, tak kenal maka tak sayang bukan? nama gue hasan, tapi disini kalian boleh memanggil gue dengan nama AJO. iya ajo. mungkin bagi yang nggak tau ajo tu panggilan orang minang untuk kakak laki-laki alias Abang, bukan berarti gue ngerasa lebih tua ya, tapi karna ajo tu mudah di ingat karna cuma 3 kata dan di kota tempat gw tinggal panggilan ajo sangat femiliar. mau manggil tukang bakso, disini mereka bilang ajo bakso, tukang sate, ajo sate, tukang bubur, ajo bubur. kalau di masukan kelagu kira-kira kayak gini,

ajo ajo bakso

mari mari sini

deyen mau beli

1 mangkok aja 10.000 perak

yang banyak baksonya jo (halah)

mana ada hari gini bakso 200 perak minta banyak lagi, harga pada naik woy. jadi 10.000 rupiah gue rasa adalah harga aman yang sudah di sepakati PTBI (Persatuan Tukang Bakso Indonesia).

gue tinggal di pulau sumatra tepatnya di ibukota provinsi Riau, Pekanbaru. dikota yang cuacanya labil kayak anak abege baru menstruasi ini gue berprofesi sebagai layouter suatu surat kabar lokal. kenapa ababil? lu bayangin aja coba,dari januari sampai febuari 2014 jawa sana lagi pada berendem tu rumah-rumah, anak-anak pada berenang di dalam banjir, yang lain lagi boker di sekitar tu anak-anak yang lagi berenang, disini ? Panas gilaaak, setiap hari ketek gw basah. terus sebentar panas, tiba-tiba hujan, 10km hujan, 10 km lagi kering di waktu yang sama.

sebenarnya nggak biasa juga pakai "lu gue", agak aneh juga rasanya karna gue pribadi dan kebiasaan orang-orang disini biasa pakai aku kamu kau dan sebagainya. tapi supaya agak kelihatan gaul kayak lu lu pada yang disana ya nggak apa apa lah gue pakai lu gue.

well kalau di tanya "dimana kampung lu jo?" itu akan buat ni bulu ketek keriting karna gue sendiri bingung untuk menjawabnya, dan di umur gue yang sekarang ini pun gue masih bingung apa arti dari kampung. ada yang bilang tempat dimana kita lahir, yang lain ngomong tempat orang tua laki-laki lahir, yang lain juga gak mau kalah pada bilang tempat emak lahir. well jadi, karna problema yang seperti ini sampai sekarang gue masih begong garuk-garuk kepala kebingungan sampai kutu di kepala loncat-loncat hijrah ke kepala orang di sekitar gue kalau di tanyain dimana kampung gue.

kenapa gue bingung ? secara gue lahir ibukota negara kita indonesia tercinta ini. gue nggak perlu kasih tau namanya karna gue tau lu pasti tau ibukota negara indonesia ini, kalau nggak mana mungkin lu ngerti pas baca ni blog, atau kalau kata-kata orang tua dulu lu kagak pernah makan bangku sekolah. kalau gue udah kenyang makan bangku sekolah sampai-sampai sekolah gue tutup karna kehabisan bangku. gw sendiri juga kagak ngerti sama istilah orang tua yang satu ni. mungkin jaman dulu bangku sekolahnya di buat dari tape kali yak.

terus di umur gue yang masih bayi sekali (waktu itu alhamdullilah gw imut-imut banget, sekarang. . . eeerrr) gue udah di bawa pindah ke sumatra, ke kota Bangkinang tepatnya, dan itu juga sebentar karna tak berapa lama gue di koperin lagi di masukan dalam kardus juga terus di bawa ke Pekanbaru. dan gue tumbuh besar disini sampai sekarang dan kehilangan rasa seperti apa itu ibukota negara. dan 1 lagi yang makin buat gue susah nentuin kampung gue adalah karna gue Blasteran, sama seperti Cinta Laura (cielaaaah) yang belasteran barat dan timur,gue juga demikian, bapak gue Sumatra Barat, emak gue Jawa Timur. jadi siapa saja tolong kasih tau gue dimana kampung gue.

Mengapa Sambal Lado? Sambal lado, lado tu bahasa minang untuk cabe, dan bagi gue sambal lado tu enak, panas, keringetan, gurih, dan juga pedes, kalau nggak percaya coba aja lu cocolin sambal lado kemata, eh jangan, gue bercanda. nah hidup tu kayak sambal lado, merah atau ijo menyala yang walau kita tau tu pedes tapi pasti pengen juga di makan (apa lagi kalau ada jengkolnya). jadi hidup tu pedas, perlu nyali untuk membuat warna dalam hidup. demi sebuah kenikmatan sepiring sambal lu yang doyan sambal bakalan rela makan walau lu tau ahirnya lu bakalan bolak balik ngebom wc, makanya merah adalah lambang keberanian. dan gw pengen banget ada keberanian untuk buat hidup gue bewarna, walau semua sebab pasti ada akibat.  ini adalah kisah perjalanan hidup gue yang gue rasa gue bisa bagi kepada para pengunjung sambal lado. karna terkadang kita perlu tempat sampah untuk mengeluarkan semua uneg-uneg dan bercerita ria tentang kehidupan kepada orang lain agar bisa jadi pelajaran bagi mereka. tenang-te, lu bukan tempat sampah kok.

dan karna blog lagi ngehits banget sekarang dan buku diari terlalu kuno untuk di pakai, terlebih lagi tulisan gue ancur gilak, walau gue nggak ngabisin uang ratusan juta untuk kuliah 4 tahun jadi dokter, tulisan gue nggak kalah saing jeleknya dari pada tulisan dokter. beruntunglah ada yang namanya keyboard yang bisa nutupin 1 kejelekan gue, jari tangan gue jadi nggak capek bergoyang ala bang jali di atas kertas buku diari.

hope you enjoyed my story. . .

No comments:

Post a Comment